(Pengalaman) Urus² BBN II (di Samsat Bandung Timur)

Awalnya bingung, gimana caranya urus BBN motor? terus cari² di internet, banyak info tapi bingungnya belum juga hilang.

Berhubung bulan 10 sampai 12 ada pembebasan biaya balik nama dan denda pajak, dan juga biar murah, maka kami putuskan buat urus sendiri.

Urus BBN di sini itu urus BBN 2 dalam 1 samsat.

Pertama² persiapan berkas². buat balik nama: BPKB asli + fotokopi, STNK asli + fotokopi, KTP pemilik baru + fotokopi, kwitansi pembelian bermaterai Rp.6000 + fotokopi. fotokopinya jangan 1×, tapi 2×.

Terus datang ke Samsat, kalau bisa pagi², biar bisa dapat antrian di depan. Sampai di Samsat, pergi sama motor ybs ke antrian Cek Fisik. Sambil antri, nanti ada petugas yang bagi² blanko formulir cek fisik. isi formulirnya sesuai data STNK lama (pemilik lama) Selesai antri, nanti ada petugas juga yang gesek nomor rangka & nomor mesin.

meja stempel cek fisik
Dari gedung arsip, ke meja ini buat stempel berkas. terus ke loket 1.Cek Fisik
img_18112016_081728
alur proses pendaftaran cek fisik

Selesai di-gesek, fotokopi dulu Formulir Cek Fisiknya (yg sudah di-gesek)2× terus pergi ke gudang arsip. kasih berkas²nya ke petugas (BPKB+fotokopi, STNK+fotokopi, KTP pemilik baru + fotokopi, formulir cek fisik+ fotokopi. fotokopinya 2×) terus tunggu sampai nama kita dipanggil.

Selesai dari gudang arsip, balik lagi ke tempat cek fisik, buat cap berkas² yang tadi, habis itu ke loket 1 cek fisik, dapat nomor antrian, dan tunggu sampai nomor disebut dan ambil berkas² di loket 2 cek fisik.

img_19112016_110717
ambil formulir dan nomor antrian di formulir, selesai itu serahkan ke progresif

Setelah itu masuk ke gedung, ke loket formulir, sekarang formulir diisi dengan nama pemilik baru. setelah di isi, diserahkan ke loket progresif buat periksa apakah kita punya motor lebih dari 1 atau ngga.

img_19112016_102648
loket 1 di sebelah kiri loket 2 (yang ada tulisan penyerahan bpkb), di pojokan. loket BRI di sebelah kanan loket 2.

Selanjutnya ke loket BPKB bagian BBN (jangan ke bagian mutasi, tapi ke yg BBN 😉 ). Kasihkan berkasnya (jangan lupa kwitansi pembeliannya disertakan juga, beserta fotokopinya, kalau kwintasinya hilang atau memang ga paké kwintansi, bikin yg baru aja. di sekitar situ ada yg jual kwitansi kosong plus materai), nanti dikasih nomor antrian. selesai antri, isi lagi formulirnya sesuai data pemilik baru. lalu bayar biaya BPKB ke loket BRI di sebelah loket 2.

Setelah selesai bayar, berkas² langsung dikirim ke loket 2 sama petugas BRI-nya, kita tinggal tunggu nama kita dipanggil. Setelah dipanggil, nanti dikasih berkas² yang tadi dan resi buat ambil BPKB yang katanya selesai 1 bulan.

Selesai dari loket 2 BPKB, terus ke loket BBN II, setelah itu bayar pajak dll di loket D BJB. tunggu nama kita dipanggil. selesai bayar, tunggu STNK + plat nomor selesai.

Selesai itu, pulang. karena BPKB-nya juga baru selesai 1 bulan lagi.

1 bulan kemudian, ambil bpkb dengan resi + kopi stnk + ktp asli.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s